MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

31 Juli 2007

Komunitas Greng Doakan John M. Manopo



Menurut pemahaman budaya Jawa bahwa Raja /Pimpinan Daerah) itu ibarat Gusti Allah katon (Yuhan yang tampak). Karena diyakini bahwa Raja/Pimpina Daerah yang melindungi dan menyejahterakan kawula/rakyat.

Berdasarkan pemahaman itu Komunitas Greng pada hari Jumat 22 Juni 2007/8 Jumadilakir, Ehe 1940 mengadakan Pandonga Mulya Setu Legen memperingati hari kelahiran (mengeti ambal wiyosan) Bapak John Manoppo sebagai pimpinan daerah Kota Salatiga.

Selain memasang sesaji kelahiran juga disampaikan ujub, penjelasan tentang sajen meliputi jenis, , tujuan ,dan harapan dari persembahan sajen itu. Setelah itu disampaikan doa bersama dengan tata cara Jawa, yang dipandu oleh seseorang. Pada intinya doa itu mendoakan Bapak John Manoppo senantiasa mendapatkan rakhmat dari Tuhan Yang Mahakasih agar mampu melaksanakan tugas-tugas kepemrintahan dengan baik dan tepat (luhur lan murakabi) sehingga kawula di Salatiga dapat tenteram dan sejahtera. Pringatan hari lahir Bapak John Manoppo pada hari Setu Legi akan diadakan setiap selapan (35 hari) Djisno Zero 45 pencetus kegiatan itu menjelaskan.

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's