MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

23 Juli 2009

POTENSI; Salatiga Punya Sereal Gandum

Gandum adalah bahan makanan yang sebenarnya akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Produk turunannya pun banyak, seperti tepung terigu dan roti.
Meskipun demikian, tak banyak di antara kita yang pernah mencicipi bubur gandum. Padahal, di Salatiga, ada lho produsen bubur gandum.
Adalah Andi, mahasiswa Fakultas Pertanian yang berusaha mengangkat bubur gandum sebagai makanan alternatif. Dengan modal pas-pasan, Andi dan beberapa teman sefakultasnya menjual beberapa produk turunan gandum. Di antaranya adalah tepung bubur gandum. Tepung bubur gandum ini dijual dalam kemasan plastik dengan beberapa ukuran.
“Sebenarnya, kami bukan produsennya. Penghasil bubur gandum ini petani gandum yang dibina UKSW,” jelasnya. Para petani tersebut berasal dari sekitar Kota Salatiga dan Kabupaten Ungaran.
“Karena modal masih cekak, kami belum bisa memasarkan secara efektif. Hanya dari mulut ke mulut,” jelasnya. Memang, saat ini, produk turunan gandum tersebut masih diproduksi dalam skala kecil. “Itung-itung membantu petani gandum. Soalnya, laba dari usaha ini juga belum seberapa,” ungkapnya lagi.
Selain tepung bubur gandum, menurut Andi, juga tersedia sereal dan katul. Tetapi, jangan salah paham dulu. Katul ini berbeda dengan katul yang biasa digunakan sebagai makanan ayam. Tekstur katul gandum lebih lembut dan kandungan gizinya lebih tinggi.
Cara memasak tepung bubur gandum juga mudah. Tepung bubur dicuci terlebih dahulu dengan air dan direndam selama 30 menit. Setelah itu, air rendaman dibuang dan diganti air baru untuk memasak tepung bubur.
Ke dalam tepung bubur dapat ditambahkan daun pandan, kayu manis, vanila, gula, atau bahan lainnya untuk menambah aroma sesuai selera. “Setelah matang, bubur gandum disajikan bersama santan atau susu murni,” Andi menambahkan. Satu ons tepung bubur gandum dapat disajikan untuk enam orang.
Bagi yang menyukai makanan siap saji, juga tersedia sereal dari katul gandum. Satu ons sereal dapat disajikan untuk tiga orang. Caranya, cukup dengan menyeduh sereal dengan air mendidih setengah gelas. Sereal diaduk rata selama sepuluh detik. Lantas, tambahkan air matang hingga gelas penuh. Sereal siap dinikmati.
Baik tepung bubur maupun sereal katul sangat bermanfaat bagi kesehatan. Mengonsumsi makanan ini setiap pagi dapat mengurangi risiko diabetes, konstipasi (susah buang air besar), dan kanker usus. Ini karena gandum adalah salah satu makanan yang kaya serat. Makanan ini juga sangat baik untuk program diet demi menurunkan berat badan.
Anda berminat? Hubungi saja Andi di telepon selulernya dengan nomor 085641423184.(bty)

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's