MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

23 Juli 2009

MIMBAR; Pemilu Yang Jujur dan Adil

Pemilihan Umum Legislatif baik untuk tingkat pusat, propinsi dan daerah yang akan berlangsung pada tanggal 9 April 2009 nanti akan menjadi suatu ajang pemilihan umum yang lebih ramai dari pemilu legislatif tahun 2004 lalu. Ramai disini karena akan lebih banyak calon legislatif yang berjuang merebutkan kursi anggota dewan dan tentu saja dengan lebih banyak partai yang muncul.

Dengan adanya regulasi yang baru, pemilu legislatif kali ini menggunakan sistem suara terbanyak, yaitu pemenang adalah yang meraih suara terbanyak dalam satu partai, tidak peduli nomor urut dari calon legislatif itu sendiri. Berbeda memang dengan pemilihan umum legislatif lima tahun yang lalu, dimana nomor urut calon legislatif ikut menentukan kemenangan, yang mendapat nomor paling atas adalah yang berhak menang kemudian dilanjutkan dengan nomor urut dibawahnya. Sistem suara terbanyak merupakan penyelenggaraan pemilu legislatif yang lebih baik dari sistem penyelenggaraan pemilu sebelumnya, karena yang terpilih berarti caleg yang benar-benar dikehendaki oleh masyarakat, tentunya hanya tokoh-tokoh atas figur yang baik dan populislah yang akan dipilih.

Namun pemilu legislatif kali ini perlu diwaspadai, dengan jumlah partai yang hingga mencapai 44 partai, sedang di wilayah Kota Salatiga sendiri terdapat 391 calon legislatif yang akan memperebutkan 25 kursi anggota legislatif, maka dikawatirkan akan terjadi konflik internal maupun eksternal. Dengan adanya persaingan yang sangat ketat ini dimungkinkan masing-masing calon legislatif dan tim suksesnya tidak bisa menahan emosi dalam berkampanye, bahkan bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam upaya memperoleh kursi anggota legislatif, termasuk membagi-bagikan uang kepada masyarakat atau lebih dikenal dengan money politic agar mereka mau memilih calon legislatif tersebut.

Maka demi menjaga Kota Salatiga agar tetap tenang dan terkendali selama pemilu legislatif nanti, kami mohon agar masing-masing caleg bisa bertindak santun dan tidak saling menjatuhkan satu dengan yang lainnya, dan kepada masyarakat sendiri, khususnya di Kota Salatiga janganlah mau nurani kita dibeli dengan uang, segera laporkan kepada aparat yang berwenang jika terjadi pelanggaran. Selamat berdemokrasi melalui pemilu yang jujur dan adil!


*Penulis adalah : anggota DPRD
Kota salatiga

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's