MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

04 November 2008

Kiprah

LAZIM

Lembaga Amil Zakat Infaq

Muhammadiyah


Islam mewajibkan zakat bagi umatnya, adapun makna yang terkandung dalam perintah zakat adalah: 1. Makna mempermudah jalan, artinya mempermudah penarikan dan mempermudah penyalurannya kepada yang berhak dengan menghindari kesan pamer kekayaan pada satu sisi dan pamer kemiskinan disisi yang lain; 2. Makna istiqomah (lurus) artinya zakat dikeluakan dengan sikap jujur sehingga tidak terjadi kecurangan dalam hitungan dan pembagiannya; 3. Makna cepat – cepat artinya didalam mengeluarkannya tidak menunda waktu hingga berlalu. Zakat dikeluarkan dengan segera; 4. Makna keagungan dan kebijaksanaan, artinya bahwa mereka yang melaksakan zakat ini akan diantarkan menjadi orang – orang yang agung dan bijaksana.

Berdasarkan empat makna diatas Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga melaksanakan penarikan dan penyaluran zakat dengan keyakinan menjadikan zakat sebagai sarana mensucikan jiwa dan harta. Untuk tujuan mulia tersebut maka didirikanlah Lembaga Amil Zakat yang diberi nama LAZIM (Lembaga Amil Zakat dan Infaq Muhammadiyah).

Lembaga amil zakat yang didirikan pada tahun 2001 ini memiliki sekretariat di SD Muhammadiyah Plus Kota Salatiga, Jl. LMU Adisucipto No. 13. Adapun jenis mal yang diterima Lazim antara lain : zakat mal, infaq, shodaqoh, zakat fitrah, fidyah, dana pembangunan dan donatur tetap. Sedangkan bentuk penyaluran amanah dari para muzakki sesuai program yang telah diputuskan dalam rapat kerja pengurus Lazim dan telah disahkan oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah antara lain : Beasiswa dari TK sampai dengan SMA sederajat, Usaha Ekonomi Produktif (UEP), Usaha Peternakan Kambing dan Lele, Bantuan Biaya Hidup (Manula), Bantuan Dhuafa, Bantuan Desa Binaan (TPQ), Bantuan Panti Asuhan, Pembinaan Penerimaan Beasiswa melalui pesantren liburan dan Pengajian Muzakki.

Prosedur untuk menjadi muzakki/donatur sangat mudah, cukup dengan mengisi formulir Lazim sesuai dengan jenis dana yang akan disalurkan zakat, infaq dan shodaqoh. Formulir untuk menjadi donatur telah disiapkan di kantor sekretariat Lazim atau dapat menghubungi (0298) 323836 atau 08156666732 (Sutomo) dan nantinya formulir akan diantar kepada calon muzakki. Penyaluran dana Lazim diperuntukkan bagi masyarakat umum di Kota Salatiga khususnya masyarakat islam dan semua golongan.

Untuk menjadi penerima dana Lazim ada beberapa metode yang digunakan diantaranya menggunakan rekomendasi dari para muzakki, para tokoh masyarakat, dan khusus bagi penerima beasiswa mangajukan permohonan ke PRM (Pengurus Ranting Muhammadiyah) atau PCM (Pengurus Cabang Muhammadiyah) untuk kemudian direkomendasikan ke Lazim dan metode yang lain yaitu dengan mengajukan langsung ke kantor sekretariat Lazim.

Tentunya tidak semua calon penerima dana dapat menerima dana penyaluran dari Lazim, hanya mereka yang memenuhi syarat setelah adanya survey pendahuluan yang akan menerima penyaluran dana Lazim dan dengan catatan tercukupinya dana yang akan disalurkan. Apabila ternyata dana yang ada tidak mencukupi untuk disalurkan kepada semua penerima, maka tentunya ada skala prioritas terhadap para penerima dana sesuai hasil survey pengurus Lazim.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para muzakki dan masyarakat umum, maka lazim melakukan pengelolaan secara tercatat dan transparan dengan pelaporan kepada para muzakki secara periodik agar terhindar dari kecurangan hitungan maupun dalam pendistribusiannya. Penerbitan buku lazim yang ada ditangan pembaca juga merupakan salah satu upaya pertanggungjawaban sekaligus memperkenalkan lebih jauh lazim kepada umat islam lewat tulisan

Sejak berdiri pada tahun 2001 dan aktif operasional mulai Agustus 2002 Lazim Kota Salatiga telah menerima mal sejumlah Rp. 284.157.700,-. Dan dari jumlah tersebut hingga bulan September 2008 telah disalurkan sejumlah Rp. 224.840.150,- kepada yang berhak menerima. Jumlah dana yang masuk tersebut diterima dari 165 muzakki/donatur tetap dengan pemasukan rata – rata dalam tiga bulan terakhir sejumlah 7 juta rupiah.

Pada tahun pelajaran 2008/2009 jumlah penerima beasiswa Lazim sejumlah 125 siswa, biaya hidup rutin 10 orang setiap bulan, desa binaan 5 TPQ, usaha ekonomi produktif 28 orang, peternak kambing dan lele 8 orang dan bantuan panti asuhan.

Kedepan, Lazim sebagai satu – satunya lembaga pengelola zakat, infaq dan shodaqoh yang didirikan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Salatiga akan terus berusaha memberikan layanan pelaksanaan zakat, infaq san shodaqoh yang sebaik – baiknya dengan kinerja terbaik dan usaha yang maksimal.(Pnj)

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's