MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

04 November 2008

Dari Redaksi, SOTK Baru, Kinerja Baru


>

SOTK Baru, Kinerja Baru

Bagi masyarakat awam, istilah SOTK tentunya masih asing terdengar di telinga. Benda apakah itu ? Binatang apa itu ?

Istilah di atas adalah singkatan dari Struktur Organisasi dan Tata Kerja yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang oleh masyarakat dikenal dengan istilah instansi pemerintah di tingkat kota/ kabupaten ataupun provinsi.

Mengacu pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 41 tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah, setiap pemerintah daerah mau tak mau harus menyesuaikan susunan atau struktur organisasi yang ada di daerah, tak terkecuali Pemerintah Kota Salatiga.

Memang, perubahan SOTK tersebut tentunya akan membawa konsekuensi tersendiri, baik bagi pemerintah daerah sendiri maupun bagi masyarakat pengguna layanan pemerintah. Perubahan SOTK, tentu saja akan berimbas pada perombakan dalam berbagai hal, baik secara fisik maupun administratif.

Yang perlu dipahami oleh semua pihak adalah bahwa perubahan SOTK yang efektif akan dimulai 1 Januari 2009, dilakukan untuk mengemban amanat dari PP nomor 41 tahun 2007, yang mempunyai tujuan melakukan efisiensi dan efektivitas kinerja dari pemerintah dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian, dengan SOTK baru nantinya, Pemerintah Kota Salatiga tuntut untuk tetap meningkatkan kinerjanya.

Memang, dengan berharap akan dapat mencapai efektivitas dan efisiensi, beberapa SKPD harus dilebur dengan SKPD lain. Sementara itu sejumlah SKPD juga mengalami perubahan status, dari dinas menjadi Kantor atau dari Kantor menjadi Bagian. Salah satu ”korban” dari PP 41 tahun 2008 adalah Kantor Informasi dan Komunikasi Kota Salatiga yang selama ini menangani penerbitan majalah Hati Beriman.

Dengan demikian, dalam tahun ini, setelah edisi ini kantor Inkom Kota Salatiga hanya menyisakan satu edisi lagi, yaitu edisi VI. Namun demikian tidak berarti bahwa majalah hati Beriman harus hilang dari peredaran. Siapapun atau SKPD manapun yang nantinya akan menangani, Insya Allah Majalah Hati Beriman akan tetap terbit mengunjungi para pembaca, baik di Kota Salatiga maupun di Kabupaten/kota lain di Jawa Tengah.

Sudah menjadi tekad seluruh jajaran redaksi dan staf Kantor Informasi dan Komunikasi Kota Salatiga bahwa di manapun bertugas, akan tetap loyal pada pekerjaan dan tugas. Bahkan, dengan SOTK yang baru diharapkan akan meningkatkan kinerja. Tentunya Pemerintah Kota Salatiga menyusun organisasi di lingkungannya dengan satu harapan bahwa roda pemerintahan dan pembangunan di wilayah ini bisa berjalan dengan sebaik-baiknya, didukung dengan aparatur yang bersemangat dan loyalitas tinggi. SOTK baru, energi baru, kinerja baru. Dan sebenarnya itu adalah tuntutan dari PP 41 tahun 2007 untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Dapatkah itu terwujud ? Kita tunggu saja di tahun 2009.....!

Redaksi

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's