MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

12 Agustus 2008

TIPS: Juice Segar Buah

Juice atau jus buah sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selain menyegarkan, jus buah juga sangat bermanfaat kecantikan. Untuk itu, kita perlu memperhatikan cara menyiapkan aneka jus buah agar tetap segar, penuh vitamin, dan­­­ enak diminum. Berikut juga ada menu mixed fruits juice (jus buah campur) yang bisa dicoba dan disajikan untuk anda sekeluarga.

Jenis buah:
pilihlah buah segar yang rasanya manis atau sedikit asam, yang bagus kualitasnya, untuk dibuat jus.
Jika perlu, bisa ditambahkan juga sayuran seperti wortel dan tomat yang masak.

Blender atau juicer:
alat ini bisa dipakai untuk membuat jus. Sebaiknya, siram blender dan juicer dengan air panas sebelum dipakai agar seluruh kotorannya larut dan tidak terkontaminasi/bercampur bahan sebelumnya. Untuk buah yang lunak seperti semangka, papaya, atau strawberry sebaiknya gunakan blender agar serat buah ikut diminum. Sedangkan juicer digunakan untuk buah yang memiliki serat kasar seperti jambu biji, nanas, atau apel.
Pemanis alami:
setiap jenis buah memiliki kandungan gula buah yang berbeda. Karena itu, usahakan untuk tidak menambahkan gula pasir atau sirop gula secara berlebihan ke dalam jus. Jika ternyata rasa jus terlalu asam, tambahkan sedikit madu. Usahakan untuk memberikan jus dengan rasa sealami mungkin agar terbiasa meminum jus yang enak dan segar.

Padu Padan Jus:
Agar tidak bosan, jus buah bisa dipadukan dengan beberapa jenis jus lainnya. Misalnya melon dengan jeruk; semangka dengan pir; atau mangga dengan pepaya. Mencampurkan dua jenis buah atau lebih sebaiknya dengan rasa yang berbeda, biasanya rasa asam dan manis agar terbentuk rasa jus yang baru.

Jangan menyimpan jus terlalu lama karena akan menyebabkan kandungan vitaminnya menguap. Jika ingin rasa dingin, buah-buahnya bisa didinginkan dahulu atau tambahkan sedikit es batu.

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's