MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

20 Mei 2008

Tips

Si Rimpang Kaya Manfaat

Bosan dengan obat-obatan buatan pabrik farmasi? Mungkin, jahe bisa menjadi alternatif.

Jahe (Zingiber officinale) merupakan tumbuhan obat (herbal) yang tumbuh di ladang-ladang berkadar tanah lembab dan memperoleh banyak sinar matahari. Tumbuhan ini berasal dari Asia Selatan (India) dan RRC, yang kini banyak ditemukan di wilayah tropis dan subtropis, contohnya di Indonesia. Tanaman jahe bisa dipanen apabila daunnya telah menguning.

Rimpang jahe mengandung minyak atsiri, damar, ineral sineol, fellandren, kamfer, borneol, zingiberin, zingiberol, gigerol zingeron, lipidas, asam aminos, niacin, vitamin A, B1, C, dan protein. Minyak jahe berwarna kuning dan kental. Minyak ini kebanyakan mengandung terpen, fellandren, dextrokamfen, bahan sesquiterpen yang dinamakan zingiberen, zingeron damar, dan pati. Sehingga Zingerber officinale mengandung 6% bahan obat-obatan yang sering dipakai sebagai rumusan obat-obatan atau sebagai obat resmi di 23 negara. Menurut daftar prioritas WHO, jahe merupakan tanaman obat-obatan yang paling banyak dipakai di dunia. Sejak dulu, jahe dipergunakan sebagai bumbu dapur dan aneka keperluan lainnya seperti pengobatan alami

Cobalah back tu nature (kembali kea lam) dengan tanaman obat yang aman, tanpa efek samping, bahkan terjangkau ini, untuk keperluan anda sekeluarga.

Khasiat Jahe:

· Menghilangkan mual

Mual-mual dapat dihilangkan dengan ramuan ini. Potong jahe secukupnya dan memarkan, kemudian campur dengan sedikit asam jawa dan gula pasir. Seduh dengan air panas lalu diminum.

· Mengobati panu.

Tumbuk dua ruas jahe dan segenggam daun turi. Balurkan pada kulit yang berpanu. Lakukan pengobatan ini pada pagi dan sore sesudah mandi.

· Meredakan influensa

Minum rebusan jahe, caranya potong jahe rebus dan kemudian beri gula jawa secukupnya dan tambahkan sedikit garam dapur. Masak sampai mendidih. Minum jika sudah dingin.

· Menyembuhkan pegal

Jahe dan kencur yang ditumbuk halus amat pas untuk menyembuhkan pegal. Caranya oleskan campuran ini pada bagian yang pegal. Biarkan sesaat sampai pegal berkurang.

· Mengobati batuk

Jahe sangat ampuh untuk menghangatkan tubuh dan meredakan batuk. Bakar 15 gram jahe selama 15 menit kemudian dimemarkan. Seduh dengan 1 gelas air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu. Minum setelah diaduk rata.

· Mengobati mulas sewaktu haid

Ramuan ini amat manjur untuk mereka yang kerap mulas di waktu haid. Sediakan 1 potong jahe sebesar ibu jahe, 1 potong kunyit sebesar ibu jari, ½ kencur sebesar ibu jari. Cuci semua bahan lalu parut dan peras airnya. Tambahkan perasan air jeruk nipis dan seduh dengan ½ gelas air panas. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Minumlah seduhan ini pada hari pertama haid.(ind/berbagai sumber)



Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's