MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

20 Mei 2008

Lintas Kota

Gusdur Kunjungi Salatiga

Mantan Preasiden Republik Indonesia, KH. Abdurrahman Wahid atau yang lebih dikenal dengan panggilan Gus Dur, kembali mengunjungi Salatiga. Kedatangannya kali ini dalam rangka menghadiri seminar kebangsaan yang diadakan di Quality Hote Wahid Salatiga (15/4).

Acara ini digelar oleh Paguyuban Nusantara Bangkit Bersatu bekerja sama dengan Kantor Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat (Kesbanglinmas) Kota Salatiga. Seminar kali ini mengambil tema Mewujudkan Kota Salatiga yang Sejuk dan Harmonis.

Dalam seminar tersebut, Gus Dur tampil sebagai key note speaker (pembicara utama) yang akan mengupas tentang kebangsaan. Pemateri lainnya adalah Dr. Cahyadi dan Kepala Biro Hukum Provinsi Jawa Tengah, Priyo Anggoro, S.H., M.Si. Priyo mewakili Gubernur Jawa Tengah, Ali Mufidz, yang sedianya menjadi pembicara dalam seminar itu namun berhalangan hadir.

“Sebenarnya dari dahulu tidak ada masalah dalam kebangsaan kita. Saya ini keturunan Tiong Hwa dari Puteri Campa. Bangsa ini merdeka juga atas usaha bersama suku bangsa yang ada di Nusantara ini,” kata Gus Dur.

Menanggapi permasalahan korupsi yang menjadi musuh bersama bangsa, Priyo mengungkapkan bahwa korpsi bisa terjadi dan dilakukan oleh siapa pun. “Sekarang ini, sorotan masyarakat dan publik, yang namanya korupsi ya dilakukan oleh eksekutif dan legislatif. Namun sebenarnya, pengusaha ataupun pegawai juga bisa korupsi,” jelasnya.

Semetara itu, Ketua Panitia Penyelenggara, Sri Yuliani yang merupakan anggota DPRD Kota Salatiga menjelaskan bahwa seminar ini tidak ada kaitannya dengan persoalan politik. “Seminar ini murni berbicara masalah kebangsaan dan tidak dikaitkan dengan persoalan politik,” tegasnya.

Lebih lanjut, Yulianis menjelaskan bahwa seminar ini bertujuan mewujudkan Kota Salatiga menjadi kota yang sejuk dan harmonis, sehingga bersinergi dengan pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Beberapa tokoh penting juga menghadiri seminar ini, yaitu Walikota Salatiga, John M. Manoppo, S.H., muspida plus, anggota DPRD Kota Salatiga, akademisi, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan mahasiswa, dan para aktivis serta tokoh politik.(lux)

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's