MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

25 Maret 2008

Tips


Mengatasi Uban



Rambut putih alias uban merupakan gejala adanya gangguan sintesa protein yang seringkali dihubungkan dengan bertambahnya usia maupun faktor keturunan, Namun, ada juga faktor lain yang mempercepat tumbuhnya uban, seperti polusi, kekurangan gizi, kelelahan saraf mata, efek bahan kimia dari penggunaan sampo, dan cat/minyak rambut. Stres dan sakit keras juga dapat menjadi penyebab ubanan. Sudah barang tentu, kedatangan si kilau perak ini tak diharapkan. Untuk mencegah dan mengatasinya, siapa tahu, tips berikut ini ada yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan rambut anda.



  • Usapkan campuran minyak kelapa dan air jeruk pada rambut dan biarkan selama 15 menit, lalu bilas.

  • Ambil secangkir teh yang pekat dan tambahkan satu sendok makan garam. Setelah dingin, tuangkan rata ke rambut dan pijat-pijat kulit kepala. Biarkan selama satu jam, lalu bilas dengan air dingin tanpa sampo.

  • Biji pepaya yang telah matang disangrai sampai kering kemudian dihaluskan hingga menjadi bubuk. Tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa lalu aduk sampai rata dan dioleskan pada rambut hingga merata. Bungkus rambut dengan handuk, biarkan selama 1-2 jam, setelah itu bersihkan. Lakukan 1 kali seminggu.

  • Larutkan satu sendok teh garam dapur dalam air kelapa hijau segar. Setelah keramas, usapkan larutan tersebut pada kulit kepala dan helai rambut secara merata. Pijat kulit kepala dengan lembut, diamkan selama 5 menit, bilas rambut hingga bersih, lakukan setidaknya 2 kali seminggu .

  • Ambil daun rambutan secukupnya dan tumbuk hingga halus. Kemudian, tambahkan sedikit air dan aduk hingga rata. Lalu, peraslah airnya dan disaring. Air ini digunakan untuk membasahi rambut. Agar hasilnya maksimal, lakukan tips ini setiap hari hingga rambut terlihat lebih hitam.

  • Lidah buaya dikupas kulitnya, isinya dicuci dengan air dingin, setelah bersih, dapat dijus dengan campuran madu lalu diminum.

  • Olah raga bisa memperlancar peredaran darah di kulit kepala sehingga pertumbuhan rambut bisa lebih sehat, dan hadirnya uban yang terlalu dini bisa dicegah.

  • Memberi nutrisi yang cukup pada rambut. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan membuat rambut lebih bersinar. Vitamin A banyak terdapat dalam sayuran hijau dan buah-buahan berwarna merah dan kuning.


Vitamin B berperan dalam melancarkan produksi minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan rambut. Vitamin B banyak terdapat dalam sayuran hijau daun, sereal, hati, yogurt, dan pisang. Mineral yang esensial bagi rambut adalah zinc, zat besi, dan copper. Mineral ini banyak terdapat pada daging, ayam, sayuran, telur, biji-bijian, dan makanan laut, Protein, terutama nabati, amat penting untuk menjaga tekstur rambut dan membuatnya tetap bersinar. Banyak terdapat dalam biji-bijian, terutama kedelai.
Selamat mencoba!(ind)

*berbagai sumber

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's