MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

30 Agustus 2007

Sarasehan Hari Lingkungan Hidup

Menyambut Hari Lngkungan Hidup Se Dunia, Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH ) Kota salatiga menggelar sarasehan. Dialog lingkungan dengan masyarakat ini betempat di luar kota yaitu di Desa Susukan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang.

Acara Kota Salatiga digelar di Susukan karena di sana ada lokasi kebun jati perorangan milik Sumarjo yang juga sekaligus menjadi pemateri. Hadir dalam sarasehan tersebut, direktur Laras Asri Hotel, Direktur PT Damatex, organisasi kemasyarakatan, LSM, Kelompok Tani dan tokoh masyarakat. Sedang sebagai pemateri dari DPLH Kota Salatiga Pujiono dan H. Sumarjo dari Sekolah Taman Tani Kota Salatiga. Dalam uraian materi Pujiono menyampaikan cara dan teknis pembuatan Biopori. Pembuatan Biopori sagat penting untuk menjaga siklus air agar tetap terjaga di tanah. Biopori merupakan lubang kecil yang kedalamannya satu meter kemudian diisi dengan dedaunan atau sampah organik. Ini akan mampu menyerap air hujan sehingga air tidak langsung mengalir ke sungai kemudian hilang.

Sedangkan Sumarjo menyampaikan pentingnya budaya menanam di masyarakat kita. Dengan intonasi yang penuh canda dan humor, guru puluhan tahun di Sekolah Pertanian ini memberikan contoh budaya tanam yang telah hilang. “Dahulu di Purworejo setiap kakek akan mengajak cucu-cucunya ke kebun untuk menanam pohon kelapa, kegiatan ini merupakan suatu ritual rutin masyarakat di sana. Namun kebudayaan yang sangat luhur itu sekarang telah hilang” terang Sumarjo.

Dalam sesion peninjauan lapangan diperagakan pula pembuatan lubang Biopori, kemudian berkunjung melihat kebun jati yang telah berumur 3 tahun lebih.(lux)

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's