MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

18 Januari 2009

SURAT PEMBACA; Semprawut di Jalan Buk Suling

Semprawut di Jalan Buk Suling

Hampir setiap hari saya selalu melewati jalan Buk Suling Salatiga, dan hampir tiap hari juga saya selalu melihat pemandangan tentang kemacetan arus lalu lintas di sepanjang jalan tersebut. Menurut pengamatan saya, kemacetan terjadi salah satunya akibat aktivitas bongkar muat barang yang terjadi disepanjang jalan Buk Suling tersebut. Aktifitas bongkar muat barang tersebut menggunakan kendaraan besar seperti truk.


Dengan demikian, arus lalu lintas tidak bisa lancar, padahal jalan tersebut selalu dipadati kendaraaan umum maupun pribadi.

Selain itu para pemakai jalan juga tidak bisa memanfaatkan trotoar yang seharusnya merupakan fasilitas pejalan kaki, karena selain digunakan oleh para PKL yang berjualan disana juga digunakan untuk menempatkan barang-barang seperti galon-galon minuman dan barang-barang lainnya hingga jalan tersebut semakin kelihatan semrawut.

Dengan demikian, melalui surat pembaca ini saya mohon kepada pihak atau dinas terkait untuk dapat memperhatikan dan mengatur kembali jalan tersebut agar arus lalu lintas kembali lancar sehingga pemakai jalan akan merasa nyaman saat melalui jalan tersebut. Terima kasih.

ARIANI – Salatiga

Pohon di Jendral Sudirman

Puluhan bibit pohon keras dijajar sepanjang Jl. Jendral Sudirman Kota Salatiga. Program tersebut dapat dipastikan adalah program Dinas Pengelola Lingkungan Hidup (DPLH) Kota Salatiga. DPLH tentunya berharap dapat menghijaukan kawasan tersebut.

Saya mendukung atas prakarsa positif ini. Penghijauan jalan utama kota ini sangat penting, mengingat pusat kota terlihat sangat gersang bila musim kemarau tiba. Namun dalam pengamatan saya, pot-pot berpohon tersebut belum ditanam ke tanah secara langsung. Saya menlihat pula sampah plastik dan puntung rokok.


Alangkah indah dan asrinya jalan pasar Salatiga ini terdapat pohon rindang yang berjajar rapi. Degan demikian polusi udara yang diakibatkan kendaraan bermotor juga dapat terkurangi. Saya juga berharap kepada masyarakat turut mensukseskan program pemerintah ini. Warga pengguna jalan ataupun warga pasar harus menjaga pohon-pohon tersebut. Biasanya pohon akan mati sebelum berkembang akibat tangan yang kurang bertanggung jawab.

Kebiasaan masyarakat juga sering membakar sampah dibawah pohon hal ini nantinya akan mengakibatkan pohon bisa mati. Ini tentunya juga tidak bagus untuk program yang penghijauan.


Saya membaca koran bahwa DPLH telah menyiapkan 250 bibit pohon yang akan ditanam disepanjang jalan Kota Salatiga. Bibit tersebut rencananya akan ditanam pada jalan yang belum asri.


Harapan saya pohon-pohon tersebut jangan hanya ditanam di pot, namun ditanam langsung di tanah. Pohon juga harus dipagar yang memberi ruang perkembangannya, juga jangan diplaster agar dapat menyerap air hujan.

Rubiati - Salatiga

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's