MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

11 Oktober 2011

Surat Pembaca

Salatiga dan Car Free Day

Sempat merasa terkejut ketika banyak teman yang mengatakan bahwa Salatiga tidak seperti dulu. Salatiga yang dulu dirasa sejuk sekarang telah menjadi Salatiga yang panas menyengat di siang hari. Sepertinya gejala global warming telah mulai terasa di kota tercinta ini.

Sebenarnya, banyak solusi untuk mengatasi global warming tersebut, salah satunya dengan mengadakan Car Free Day di Salatiga. Dulu Salatiga memang pernah mengadakan Car Free Day (CFD) tapi entah kenapa sekarang tidak pernah lagi diprogramkan secara rutin.

Untuk mengurangi dampak global warming, sebaiknya diadakan lagi CFD secara rutin, misalnya tiap hari Minggu pukul 06.00 - 09.00 WIB di kawasan JLS Kecandran. Seperti yang kita ketahui bahwa di area ini telah menjelma menjadi pasar rakyat yang dipadati masyarakat. Namun karena letaknya di jalan, area ini juga dipadati kendaraan bermotor. Jika CFD diberlakukan di daerah ini, pasti akan mengurangi emisi karbon yang dapat merusak ozon juga dapat menjadi wadah bagi masyarakat Salatiga yang ingin berolahraga maupun bertransaksi jual beli.

Wulan, Argomas - Salatiga

Potensi Jalan Lingkar Salatiga

Saat ini Jalan Lingkar Salatiga (JLS) memang memiliki daya tarik tersendiri bagi warga Salatiga. Jalan yang seharusnya menjadi jalur alternatif dari Semarang menuju ke Solo ini justru dipadati oleh masyarakat setiap hari Minggu, mulai pukul 04.00 - 09.30 WIB. Aktivitas di kawasan tersebut, baik yang berdagang maupun yang sekedar jalan-jalan telah menarik perhatian setiap orang yang lewat. Terbukti ketika ada kendaraan dari luar kota yang menyempatkan diri untuk berhenti sejenak kemudian memotret atau merekam aktivitas warga di JLS.

Banyaknya orang yang tertarik dengan aktivitas di JLS tentu menjadi sinyal positif bagi Salatiga. Untuk itu, diharapkan adanya pemeliharaan terhadap aktivitas massa tersebut. Bahkan, ada baiknya ditambah dengan aktivitas lain yang melibatkan komunitas di Salatiga. Misalnya atraksi dari komunitas fixie, komunitas Skater maupun aksi dari drum black yang dapat memberikan nilai tambah bagi promosi wisata Kota Salatiga ini.

Wahyu, Jl. Imam Bonjol Salatiga

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's