MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

11 Oktober 2011

Dari Redaksi

Pemilukada Pendidikan Politik Masyarakat

Pendidikan berpolitik bagi masyarakat kita dalam sistem yang demokratis menempatkan posisi yang sangat sentral. Secara ideal pendidikan tersebut dimaksud bahwa dengan pemilukada akan dapat mendidik masyarakat tentang kebajikan dan tanggung jawab mereka sebagai anggota civil society. Pendidikan berpolitik dalam artian tersebut sungguh merupakan suatu proses yang panjang untuk mampu mengembangkan diri masing-masing.

Proses tersebut bukan hanya yang dilakukan dalam lingkungan pendidikan formal saja, seperti di sekolah tetapi juga meliputi pendidikan dalam arti yang sangat luas, yaitu melibatkan keluarga dan juga lingkungan masyarakat kita.

Maka, dengan adanya pemilukada kali ini diharapkan akan dapat dijadikan suatu proses pergantian kepala daerah dan wakil kepala daerah Kota Salatiga yang secara sah diakui hukum, dimana rakyat secara langsung menentukan pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah sesuai dengan keinginannya.

Hal ini merupakan pendidikan politik tersendiri bagi masyarakat Salatiga khususnya. Karena Pemilu yang akan kita laksanakan nanti merupakan proses penyampaian budaya politik yang mencakup tentang cita-cita politik serta norma-norma operasional dari sistem organisasi politik yang berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Disini dibutuhkan kesadaran dalam berpolitik bagi masyarakat, dimana masyarakat memahami akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara, sehingga masyarakat diharapkan dapat ikut serta secara aktif dalam kehidupan berkenegaraan dan pembangunan Kota Salatiga ini melalui pemilukada.

Selain itu, Pemilukada kali ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah kepada masyarakat terhadap nilai-nilai yang ada dan akan terwujud dalam sikap dan tingkah laku sehari-hari dalam kehidupan bermasyarakat termasuk hidup berkenegaraan serta berpartisipasi dalam usaha-usaha pembangunan sesuai dengan fungsi masing-masing.

Dengan kata lain melalui pelaksanaan pemilukada kali ini, semoga dapat menciptakan pendidikan politik tersendiri bagi masyarakat, dimana masyarakat dapat lebih menjadi warga negara yang baik, yang menghayati nilai-nilai dasar yang luhur dari bangsanya sendiri serta sadar akan hak-hak dan kewajibannya, semoga.

Redaksi

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's