MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

16 Januari 2008

Tetap Waspada

Kondisi alam Indonesia secara Nasional saat ini sedang dalam keprihatinan yang mendalam, banjir, tanah longsor dan bencana alam lain telah memenuhi lembaran berita dari hari ke hari di penghujung tahun 2007 sampai sekarang. Semua yang terjadi diluar batas kendali diri kita sebagai manusia, namun kita tidak berhenti untuk berharap agar cobaan bangsa ini dapat segera berlalu dengan terusmemohon perlindungan sang Maha Kuasa.

Kita yang sekarang tinggal di Kota Salatiga mungkin tidak begitu merasakan bencana ini, karena tekstur geografis kota ini berada pada tingkat dataran yang ideal, sehingga bebas dari banjir dan tanah longsor, namun kita tidak bisa tenang-tenang saja, sebab bencana tidak dapat diprediksikan dimana dan kapan akan terjadi. Kita harus tetap waspada terhadap kemungkinan bencana alam lain seperti angin kencang serta dampak pemanasan global yang merugikan bagi kesehatan dan kelangsungan hidup manusia.

Untuk itu kita harus memulai gerakan moral sedini mungkin yang dimulai dari diri kita sendiri dengan mencintai alam sekitar, menjaga lingkungan, melakukan penghematan energi, bertindak bijak dalam pembangunan, dsb, sebab keselarasan yang tercipta antara alam dan manusia akan memberi harapan bagi indahnya kehidupan.

Anastasia wulan ndari
Grogol - Salatiga

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Di musim penghujan ini cuaca sangat buruk. Hujan sering turun hampir seharian penuh, apa lagi waktu sore, hampir dipastikan sampai larut malam bahkan pagi. Sehingga sinar matahari jarang muncul di siang hari dan mengakibatkan kesulitan para ibu untuk menjemur pakain. Produksi rumah tangga yang membutuhkan panas matahari seperti krupuk pun kesusahan mengeringkan produksinya.

Angin kencang pun sering berhembus di Kota Salatiga ini. Ini perlu menjadi perhatian serius bagi pihak Pemkot, terutama Dinas Pengelolaan Hidup (DPLH) Kota Salatiga. Hal tersebut mengingat Kota Salatiga masih memiliki pohon-pohon besar yang berjajar di pinggir jalan, seperti dapat terlihat di Jl. Diponegoro, Jl Osamaliki, Jl.Veteran dan Jl. Hasanudin bahkan di jalan-jalan wilayah perumahan warga. Pohon-pohon yang rimbun tersebut sebenarnya menjadi pemandangan yang indah selain juga menjadi paruparu kota, namun perlu diwaspadai dengan datangnya cuaca yang kurang baik ini. Lihat saja ketika angin kencang berhembus, ranting-ranting pohon berserakan di tengah jalan. Mohon DPLH merapikan ranting-ranting pohon tersebut yang sekiranya dapat membahayakan pengguna jalan. Jangan sampai ranting yang jatuh atau bahkan pohon yang roboh menimpa orang atau kendaraan yang sedang melintas, seperti yang terjadi di kota-kota lain. Belum lagi jika ranting pohon tersebut menempel di kabel listrik (sutet) yang ada di sepanjang pinggir jalan. Sudah pasti ini dapat memadamkan listrik yang memakai jalur kabel tersebut. Peristiwa yang tidak diinginkan dapat mengganggu rumah tangga.

Saya berharap kepada DPLH dan PLN agar memperhatikan permasalahan ini lebih dari hari-hari biasanya. Dan terimakasih atas pengabdiannya terhadap warga Salatiga.

Titian, Canden Salatiga

2 komentar:

Unknown mengatakan...

halo...salam kenal

Unknown mengatakan...

selamat atas blogger baru hati-beriman.blogpot.com milik bagian inkom pemkot kota salatiga.semoga dengan kehadran blogger ini majalah hati beriman dapat semakin maju dan obyektif.semoga masyarakat kota salatiga pun tidak segan untuk posting dan memberikan komentar-komentar yang membangun.

ttd



author

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's