MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

12 Februari 2007

Turut berduka cita atas Wafatnya Bapak Kita Walikota H. Totok Mintarto

“Piye Dik Kabare?”

H. Totok Mintarto memang telah berpulang ke-Rahmatullah, pada Jum’at dini hari, 9 Februari 2007 lalu. Warga Kota Salatiga pun ikut berduka melepas jenazah Walikota Salatiga tersebut yang dikebumikan di Ngawi, Jawa Timur.

Kendati Pak Totok, begitu beliau akrab disapa, telah mangkat, namun tidak bisa dipungkiri bahwa ada sesuatu yang masih tetap hidup dalam benak kita. Ya, pendidikan sosok pemimpin lembah manah, mau mengerti dan merakyat adalah beberapa sifat yang sangat melekat dengan figur beliau.

Piye dik kabare, anak-istri sehat to?,” ujar Pak Totok penuh simpatik kali terakhir saat dihubungi Redaksi Hati Beriman, sebelum wafat. Memang begitulah gaya Pak Totok. Ramah, simpatik, mau mengerti alias pengertian. Belia juga sosok yang menarik untuk diajak berkomunikasi dengan joke-joke segar.

Suami dari Ibu Devy Herlina itu juga menunjukkan figur yang merakyat. Tidak salah kalau Wakil Walikota John M. Manoppo, SH, suatu ketika memuji beliau bahwa ada yang beda dari Pak Totok dibanding Walikota lain sebelumnya. Rumah Dinas beliau selalu ramai. Tidak hanya dari kalangan pejabat, rakyat juga sangat biasa keluar-masuk berkunjung ke rumah dinas.

“Beliau (Pak Totok, Red) adalah figur pemimpin yang tidak membeda-bedakan apakah itu pejabat atau rakyat biasa. Semuanya bisa akrab. Itulah salah satu kelebihan beliau yang patut untuk kita teladani,” tuturnya.

Kebaikan dan keberhasilan Pak Totok sebagai seorang pemimpin besar juga sudah teruji. Kali pertama mencalonkan diri sebagai Walikota Salatiga Periode 2001-2006, sistem politik waktu itu yang memiliki hak pilih adalah anggota DPRD, ia berhasil mengalahkan calon lainnya. Pun demikian ketika beliau mencalonkan diri untuk kali kedua sebagai Calon Walikota Periode 2006-2011. Kendati sistem politik berubah, Walikota dipilih langsung oleh rakyat, Pak Totok tetap tampil sebagai pemenang.

Pak Totok kini memang sudah dipanggil Sang-Khaliq. Namun, keteladanan beliau akan selalu hidup dan menjadi pelajaran berharga untuk semua, khususnya masyarakat Kota Salatiga tercinta. Akhirnya, segenap Redaksi Majalah Hati Beriman mengucapkan:

Innalillahi Wainnailaihi Raji’un.

Turut berduka cita atas Wafatnya Bapak Kita

Walikota H. Totok Mintarto.

Semoga amal ibadah beliau, serta pengabdian beliau yang tulus kepada masyarakat Kota Salatiga, mendapat balasan yang setimpal di sisi Allah SWT. Sedangkan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Amin.

Redaksi

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's