MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

19 September 2007

Pelatihan Bengkel untuk Anak Putus Sekolah


Dalam rangka menyiapkan tenaga kerja siap pakai bidang perbengkelan, Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Salatiga pada Tahun 2007 ini melaksanakan kegiatan pelatihan ketrampilan perbengkelan dengan Keputusan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Salatiga.

Pelatihan yang laksanakan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Salatiga ini mengambil tim penguji dan pelatihan perbengkelan dari PNS dan Non PNS, adapun khusus materi inti diambilkan dari tenaga bengkel yang memiliki kemampuan memadahi.

Hal ini bertujuan agar tim penguji maupun pelatih dapat menyusun konsep naskah ujian serta menguji teori dan praktek Pelatihan Ketrampilan Perbengkelan, melaksanakan uji dan mengevaluasi terhadap peserta ujian, melakukan penilaian terhadap hasil ujian dan menetapkan kelulusan peserta ujian, serta melaporkan hasilnya dengan baik dan benar.

Pelatihan dengan materi inti Kerja Bangku, Sistem Rem, Sistem Kemudi, Sistem Suspensi, Menyetel Roda, Perawatan Baterai, Merakit Mesin Toyota, Merakit Mesin, Dahiatsu 100 cc, Merakit Mesin Mitshubisi L 300, Merakit Kepala Silinder, Rangkaian atau Sistem Kelistrikan, Sistem Starter, Sistem Pendingin, Sistem Transmisi, Sistem Kontrol Emisi, Overhaul Engine dan Unit Kopling ini dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Salatiga Tahun Anggaran 2007.

Menurut salah satu instruktur atau pelatih Ismun Wie, para peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, “peserta banyak yang bertanya seputar permasalahan kerusakan mesin, setelah dipraktekkan baru memperoleh cara perbaikan mesin yang benar”, katanya.

Lebih lanjut instruktur yang sehari-harinya menekuni bengkel mobil ini mengatakan, “para peserta pelatihan beraneka ragam, ada yang pernah bekerja di bengkel, ada yang sudah sering memperbaiki mobil teman-temannya dan ada juga peserta yang masih dalam kondisi nol, dalam arti belum memiliki pengalaman perbengkelan sama sekali”, tandasnya.

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's