MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

03 April 2007

Sinar Perak Melayani Pengobatan Gratis

Kesehatan mahal harganya. Begitulah ungkapan yang jamak diucapkan seseorang bila sedang jatuh sakit. Sakit memang tidak mengenakkan, selain juga menghabiskan banyak biaya.

Menyikapi persoalan tersebut, paguyuban Sinar Perak Cabang Salatiga, memberi solusi pengobatan alternatif. Tidak tanggung-tanggung, pengobatan yang dilakukan tersebut dikerjakan secara suka rela alias gratis.

Konstribusi pengobatan alternatif ala Sinar Perak alias SP secara nyata kepada masyarakat Salatiga tampak seperti yang dilakukan di Kelurahan Salatiga setiap hari Rabu sore. Pengobatan yang menggunakan tenaga elektrik tubuh ini setiap kali praktek rata-rata melayani 20 pasien dengan berbagai penyakit. Bahkan pasien banyak juga yang berasal dari luar Salatiga, seperti Temanggung, Kendal, Semarang, Ampel, dan Karanggede.

“Pelayanan klinik ini dilakukan 11 petugas. Mereka merupakan anggota SP yang sudah senior,” jelas Bambang Setiawan, Ketua Sinar Perak Cabang Salatiga.

Dikatakan Bambang, pasien yang datang langsung dilayani. Mereka langsung dicatat dalam buku pendaftaran warna hijau muda. Setelah itu harus antre menunggu dipanggil petugas. Proses pengobatan paling cepat 15 menit dan paling lama hingga 35 menit. Jika penyakitnya terlalu akut biasanya harus datang berobat beberapa kali.

SP memiliki berbagai ramuan obat, diantaranya ramuan madu ajaib untuk pengobatan internis ringan, berat, dan stamina. Obat Kiray khusus untuk pengobatan mempercantik diri bagi kaum wanita, karena juga berkhasiat menghilangkan flek-flek hitam dan jerawat.

Bambang menjelaskan, hamper 75 persen penyakit manusia berasal dari tingkah lakunya sendiri. Misalnya, pusing kepala sebelah kiri menandakan orang tersebut punya kebiasaan berprasangka buruk terhadap orang lain. Pusing kepala bagian kanan menandakan paling benar berfikirnya, dan pusing kepala bagian belakang karena faktor emosi. Bagi warga masyarakat yang ingin berkonsultasi tentang penyakit yang dideritanya, dapat mengontak Wawan dengan alamat Perumahan Sraten Permai Blok L/19 Salatiga, HP. 08122843129 serta 08886668400.

Keberadaan SP di Salatiga dimulai sejak tahun 1996 dengan mengadakan olah raga pernafasan di beberapa wilayah, seperti di Perusahaan Tekstil Damatex dan halaman pemkot. Latihan dilakukan secara rutin, serius dan terjadwal. SP juga melengkapi pengobatan dengan mempraktekan penyaluran tenaga elektrik badan untuk menyembuhkan berbagai penyakit secara gratis.

Karena kegiatan ini merupakan sesuatu hal yang baru bagi masyarakat Salatiga maka pada awal mula berdirinya SP hanya diikuti oleh segelintir orang saja sebagai anggota, namun seiring dengan perkembangan zaman dan kesadaran masyarakat akan kesehatan maka jumlah anggota semakin meningkat. Hal ini didukung dengan kemajuan sosialisasi olah raga ini, maka semakin hari minat masyarakat untuk bergabung dalam olah raga ini semakin meningkat bahkan sampai saat ini sudah tercatat 400 orang ikut bergabung.

Kemajuan minat masyarakat terhadap SP ini karena olah raga ini mempunyai kombinasi olah jiwa dan raga yang seimbang, yaitu selain memperhatikan kesehatan fisik, juga dilakukan pembinaan mental spiritual anggota agar lebih terarah. Membentuk sikap seseorang untuk lebih bersahaja, dengan menekankan pengaruh sebab akibat dari perilaku yang tidak benar dari manusia itu sendiri. Maka secara tidak langsung keberadaan SP ini telah bertugas memberikan pendidikan moral yang intinya warga masyarakat wajib berperilaku baik dan menjalankan ibadahnya sesuai dengan keyakinannya serta mentaati norma-norma yang berlaku.(kst)

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's