MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

09 April 2007

Asa Wisesa Betari,

Meski Segudang Prestasi tetap Rendah Hati

Denting suara keluar dari sebuah piano merangkai sebuah lagu. Merdu alunannya membawa jemari bergerak mengikuti setiap titik nadanya. Begitulah suasana ceria kemarin sore di Jalan Aliwijayan II/25 Pengilon, Mangunsari, Salatiga. Rumah tempat tinggal Sesa, gadis kecil beranjak remaja yang memiliki nama lengkap Asa Wisesa Betari.

Sesa, begitu ia biasa disapa, memang gadis fenomenal. Di usianya yang baru menginjak 15 tahun, ia berhasil mengukir segudang prestasi. Maklum, gadis berambut sebahu dengan berat badan 45 kg dan tinggi 160 m ini memang berpenampilan smart dan menarik.

Di sekolah, prestasi akademiknya sangat menonjol. Nilai pelajaran Bahasa Inggris, IPA dan Matematika selalu di atas delapan. Sedangkan di luar sekolah, ia aktif berkarya dan mengikuti berbagai kompetisi. Maka tak heran jika puluhan piala berhasil ia sabet.

Koleksi trofi kejuaraan yang menghiasi rumah diantaranya sebagai Juara Festival CNR Duta Musik Salatiga; Juara I Foto Model Pemilihan Super Model Indonesia ke-2 se Jateng dan DIY di Kudus; Juara Cat Walk Parade Contes di Semarang; Juara Foto Genic Pemilihan Proklamasi Award di Semarang; Juara Peragawati Avon Contes di Salatiga; Juara I Aksi dan Gaya Avon di Salatiga; Juara I Cat Walk Pesta Hujan dalam Gya di Semarang; Juara II Putra-putri Batik di Semarang; Juara III Shopie Marthin 2006 di Ambarawa; serta sederet prestasi lain.

Meski demikian, Sesa tetap rendah hati dan tidak pernah sombong. Bersama teman-teman disekolah selalu akrab. Menariknya, Sesa punya tips untuk menjalin komunikasi dengan teman-temannya agar lebih akrab dengan cara makan bakso bersama. “Kebetulan saya suka makan bakso, seperti teman-teman yang lain. Jadi dapat lebih mengakrabkan suasana dan persahabatan,” tuturnya kalem.

“Memanfaatkan waktu dengan kegiatan yang berguna, itu motto saya” tandas putri kedua pasangan Adi Setiarso, SE (PNS Pemkot Salatiga) dan Henny Tri Nurhariani (swasta) ini.

Sepintas, gadis remaja yang kini duduk di bangku kelas 3 SMP Negeri 2 Salatiga ini tampak sama seperti gadis lain sebayanya. Sekolah, les, privat dan bermain memenuhi hari-harinya. Namun, Sesa tampak berbeda karena ia memiliki karakter yang kuat dan pantang menyerah.

“Saat saya mengikuti Foto Model Pemilihan Super Model Indonesia ke-2 se Jateng dan DIY di Kudus, saya berangkat dengan teman tanpa diantar orang tua. Alhamdulillah, akhirnya menjadi juara I,” ujarnya bangga.

Sejak kecil, Sesa dikenal keluarga dan lingkungannya sebagai gadis kecil yang berbakat. Dia bisa mengambil keputusan untuk mengisi sela waktu bermain dengan mengikuti kursus olah vocal di Sekolah Musik Salatiga selama 3 tahun. Tidak puas dengan kepiawaian menyanyi, Sesa memacu diri bermain piano di tempat yang sama. Karena merasa belum cukup, ia mendatangkan guru privat piano sampai sekarang. Dari ketekunan yang dijalani tersebut menghantarkannya sebagai juara di berbagai ajang kontes.

Meskipun bermental juara, gadis penggemar pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa Inggris ini tidak sombong. Setiap ada permintaan dari teman dan warga sekitar untuk mengisi acara hiburan selalu ia sanggupi. Misalnya untuk mengisi acara hiburan ulang tahun dan acara RT dan RW seperti peringatan 17 Agustus, mengisi acara hajatan tetangga, bahkan menghibur pegawai tempat ayahnya bekerja.

Gadis manis dan kalem ini bercita-cita masuk ke SMA Taruna Magelang jika lulus SMP nanti. “Saya selalu berdoa agar Allah SWT mewujudkan cita-cita menjadi seorang dokter” tambah Sesa dengan sedikit tersenyum.

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's