MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

24 Oktober 2007

Sambut HUT RI

Ada yang menarik dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke- 62 Republik Indonesia. Ratusan warga di lingkungan Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, tampak berduyun-duyun mendatangi lapangan Jayengrono, Minggu pagi, 19 Agustus 2007 lalu.

Satu persatu dari kerumunan warga mendekati bagunan kecil yang berdiri kokoh pada bagian sudut lapangan Jayengrono. Bangunan tersebut merupakan lokasi TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) tempat anak-anak setempat belajar ilmu agama. Ratusan warga yang kebanyakan adalah orang tua itu tentu bukan santri di TPA tersebut. Mereka juga belum tentu menjadi pengurus TPA atau wali santri.

Lalu? Ya, pagi itu warga Kauman Kidul punya kegiatan tingkat Kelurahan. Lokasi TPA dipinjam untuk kegiatan sosial berupa pengobatan gratis, bebarengan dengan jalan sehat menyambut HUT ke-62 RI. Hadir pada acara tersebut Walikota John M. Manoppo, SH beserta istri, Camat Sidorejo Drs. Valentino Haribowo, pengusaha Yulianto, SE, MM beserta istri, aktivis HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) dan tokoh masyarakat setempat.

Lurah Kauman Kidul Agung Nugroho, S.Sos, menjelaskan bahwa memperingati hari kemerdekaan menjadi tanggung jawab bagi semua masyarakat. Tujuannya untuk mengenang jasa perjuangan para pahlawan serta sebagai wahana untuk merefleksi sejauh mana kontribusi generasi penerus dalam membangun bangsa ini.

“Para pahlawan kusuma bangsa telah mengorbankan harta benda, bahkan nyawa untuk merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Untuk itu, menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan cara membangun bangsa dan masyarakat,” jelas Agung.

Berdasarkan pengamatan wartawan majalah ini, kegiatan sosial berupa pengobatan gratis menyambut HUT ke- 62 RI tersebut berjalan sukses. Ratusan warga dengan antusias mendaftarkan diri dan rela antre untuk menunggu waktu periksa yang dilakukan dokter umum Dinas Kesehatan Kota Salatiga. Bahkan melihat kerutan wajah sejumlah pasien tampak menyimpan harapan besar penyakit yang diderita dapat sembuh setelah minum bingkisan obat yang diterima.

Matur suwun nggih Bu, sampun kerso mbikak pengobatan gratis wonten mriki, (Terima kasih ya Bu, atas kegiatan pengobatan gratis di sini),” ujar seorang pasien sambil pamitan kepada seorang tenaga medis.

Ketua Panitia Pengobatan Gratis Muhtar Lutfi mengatakan bahwa pasien yang mendaftar sebanyak 110 orang. Pendaftaran pengobatan dibuka mulai pukul 08.30 WIB dan ditutup pukul 12.00 WIB. Kegiatan sosial terselenggara atas kerja sama aktivis HMI, Kelurahan Kauman Kidul, Dinas Kesehatan Kota, dan Keluarga Yulianto, SE, MM.

“Melihat antusias masyarakat yang sangat tinggi dalam pengobatan gratis ini, kami berharap dapat melaksanakan kegiatan serupa dan tidak harus menunggu momentum HUT RI. Kami percaya, tidak hanya warga Kauman Kidul saja yang membutuhkan fasilitas pengobatan gratis,” jelasnya.(ano)

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's