MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

07 Maret 2007

Turunkan Kolesterol Dengan Diet Makanan

TURUNKAN KOLESTEROL

DENGAN DIET MAKANAN

Drs. S. Djoko Purnomo, Apt, Mkes

Gaya hidup makan enak dan kurang olah raga dapat memicu peningkatan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi dapat menyebabkan hipertensi, serangan jantung dan stroke.

Berdasarkan hasil evaluasi data jumlah kematian dari Puskesmas dan Rumah Sakit se- Kota Salatiga tahun 2006 menunjukkan bahwa yang meninggal akibat penyakit stroke 86 orang, jantung 65 orang dan hipertensi 12 orang. Oleh karena kematian akibat ketiga jenis penyakit tidak menular tersebut tergolong tinggi, maka perlu segera diambil langkah-langkah untuk mengantisipasinya.

Hasil studi menunjukkan bahwa jika bisa menurunkan kadar kolesterol darah 10 persen saja maka akan menurunkan resiko serangan jantung sampai diatas 50 persen. Nah, bila hasil laboratorium anda dinyatakan bahwa kadar kolesterolnya tinggi (di atas standar) tidak usah panik, berikut ini ada tips bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol dengan cara diet makan.

Tidak semua jenis kolesterol itu berbahaya bagi tubuh, ada jenis kolesterol yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Sebetulnya kolesterol adalah salah satu jenis lemak yang dibuat di hati dan ditemukan pada makanan hewani. Kolesterol berfungsi untuk membangun sel-sel, memproduksi hormon-hormon, dan melindungi jaringan syaraf. Seperti lemak-lemak lainnya, kolesterol diangkut dalam peredaran darah ketempat tempat yang dibutuhkan.

Ada dua tipe kolesterol, yaitu kolesterol yang baik (HDL atau High Density Lipid) dan kolesterol yang jahat dan jelek (LDL atau Low Density Lipid). HDL dengan kadar tinggi diperlukan untuk mengangkut LDL dari darah kembali ke hati untuk dihancurkan.

MENGAPA KOLESTEROL BAHAYA?

Jika kadar kolesterol jenis LDL tinggi, ini yang berbahaya karena dapat menyebabakan penyakit tekanan darah tinggi, meningkatkan serangan risiko serangan jantung, stroke sehingga dapat menyebabkan kematian. Bahaya utama dari kolesterol darah yang tinggi adalah terbentuknya plak (plaque) yang memperkecil diameter pembuluh darah yang menyebabkan terhambatnya suplai oksigen untuk jaringan tubuh, sehingga menyebabkan penyakit jantung koroner. Bila yang tersumbat pembuluh dararh yang menuju ke otak maka dapat menyebabkan stroke.

DARIMANA KOLESTEROL BERASAL?

Hampir seluruh kolesterol yang dibutuhkan dibentuk oleh tubuh dihati. Sisanya didapatkan dari makanan tertentu yang kaya kolesterol, misalnya : daging, susu, telur dan daging jeroan (seperti hati, ginjal dan otak). Penyebab utama tingginya kolesterol darah adalah antara lain makan terlalu banyak lemak jenuh (saturated fat) seperti mentega, cake, biscuits, gorengan dan makanan fast food, berat badan lebih (gendut), perokok, dan kurang olah raga.

BAGAIMANA TIPS MENGURANGI KADAR KOLESTEROL

Bila anda merokok, BERHENTILAH. Bila anda kurang gerak badan, lakukan lebih banyak. Bila anda kelebihan berat badan, minta nasehat dokter tentang diit yang dapat mengurangi berat badan. Bila anda banyak makan daging, susu, telur dan daging jeroan, kurangilah makanan tersebut dan ganti dengan makan ayam, ikan, roti, buah-buahan dan sayur-mayur. Bila anda makan makanan goreng-gorengan, cobalah makan makanan yang dipanggang, dikukus, dibakar, sebagai penggantinya. Makanlah makanan atau buah-buahan yang banyak mengandung serat.

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's