MAJALAH HATI BERIMAN "MAJALAH BERITA WARGA KOTA SALATIGA"

21 Januari 2007

Petilasan Ki Hajar Sampurna

1 SURA PETILASAN KI HAJAR SAMPURNA TH.2007

Menjelang peringatan 1 Suro 1428 Hijriah di petilasan makam Ki Hajar Sampurno tanggal 20 Januari 2007 di Lingkungan Sugihwaras Kelurahan Randuacir di peringati secara meriah oleh arga masyarakat setempat dan para peziarah dengan mengadakan sesajen tumpengan cukup banyak, pagelaran wayang kulit semalam suntuk dan hibuan musik dang dut.

Acara yang dimulai pukul 19.30 WIB sangat menarik warga masyarakat menyaksikan hiburan secara gratis. Tepat pukul 22.00 dilaksanakan arak-aakan dari tempat pagelaran wwayang kulit menuju kemakam sejauh 500 meter yang kemudian diberi doa lalu dibagikan kepada masyarakat awam yang ikut trirakatan semalam suntuk.

Juru kunci Kartopawiro mengungkapkan, sebelum menjadi juru kunci kami melakukan tirakat7 hari 7 malam tidak makan dan minum agar dberi petunjuk yang sebaik-baiknya. Keberadaan makam Ki Hajar Sampurna sudah berada sejak 400 tahun yang lalu yang sesungguhnya bernama Ki Gede Sumiran.

Selama tirakat tahun 1951 dalam suasana gaib dijumpai wanita tua dan diberi kaca mata berukuran kecil ukuran uang kuno bill da langsung dpakai sekali . Dalam wangsit mendapat supaya waspada dan berkata secara tepat. Jadi keberadaan Ki Hajar

Sampurna sebelum ada keajaan Mataram.

Dalam peringatan 1 Suro diselenggakan sesajian tumpeng, kembang setaman,candu, kembang kantil 2, kembang kenongo 2, sedangkan tumpeng terdiri;tumpen gede, tumpeng rasul, ambeng asahan, tumpeng seger, nasi golong 2 tempat yang berisi jajan pasar. Makam Ki Hajar Sampurna selalu ramai peziarah setiap malam Jumat Kliwon dari berbagai kota. Kedatangan mereka ada yang minta kesembuhan penyakit, usaha bisnisnya berjalan lancar dan ada memperoleh keselamatan dan sejahtera hidup rumah tangganya. Pada syukuran ini banyak peziarah yang membawa air dari sumber air sendang Senjoyo yang dimintakan bekah dapat untuk memperlancar dalam mengaungi kehidupan ini penuh persaingan.

Sebagai aset wisata spiritual Kota Salatiga lokasi ini sudah ada jalan masuk dan penerangan jalan yang baik, sehingga bagi peziarah yang akan berkunjung dengan mudah menemukan lokasi.(kst)

Tidak ada komentar:

 
template : Copyright @ 2010 HUMAS SETDA KOTA SALATIGA. All rights reserved  |    by : boedy's